Download Ludruk Kartolo CS  

by Rusdiono


Anda warga Jawa Timur atau minimal pernah tinggal di provinsi di ujung timur pulau Jawa pasti pernah mendengar kata Ludruk. Ya... salah satu kesenian tradisional yang pernah berjaya di bumi nusantara ini. Ludruk merupakan seni drama pentas yang memang berasal dari provinsi ini.

Pada dekade 80-an ada kelompok ludruk yang begitu populer di masyarakat Jawa Timur. Bahkan hingga Jawa Tengah dan Yogyakarta, yakni Ludruk Sawunggaling. Dengan motor penggerak Cak Kartolo. Mereka begitu merakyat di Jawa Timur. Karena mampu menghadirkan inovasi cerita yang segar, mudah dicerna dan lucu. Yang terakhir, item utama yang mendongkrak kepopuleran kelompok ludruk ini.

Kemampuannya melakukan inovasi cerita dengan hanya mengambil salah satu bagian dari alur cerita ludruk menjadi sebuah cerita ludruk tersendiri, menjadikan Cak Kartolo dan kawan-kawan sebagai ikon ludruk hingga kini.

Pada sebuah pementasan ludruk, di tengah cerita ada fragmen guyonan. Fragmen inilah yang dikembangkan Kartolo CS menjadi cerita ludruk yang segar dan dengan durasi pementasan sekitar 1 jam. Lazimnya pentas ludruk bisa memakan waktu hingga 5 jam pentas.

Selain menarik guyonan menjadi cerita tersendiri, Kartolo CS juga melakukan inovasi pada kidungan dan pari'an. Kidungan yang merupakan salah satu refleksi semiman ludruk terhadap fenomena sosial yang mereka temui. Oleh Kartolo disajikan lebih segar dengan berbagai macam irama. Ada dangdut, teklek dan lainnya.

Inovasi dari Kartolo CS ini membuahkan hasil, kelompoknya mendapat kepercaayaan dari produser rekaman untuk menerbitkan album ludruk. Tercatat lebih dari 78 cerita yang sudah dirilis rekamannya.

Hingga kini, cerita-cerita guyonan Kartolo CS masih bisa didengarkan pada jam-jam tertentu di beberapa radio swasta Jawa Timur.

Nah... bagi sadulur-sadulur yang kini berada di perantauan dan sudah rindu untuk mendengarkan guyonan Kartolo dan Basman, tak perlu pusing-pusing lagi mendapatkannya. Anda bisa mendownloadnya di blog ini. Pada kolom paling kiri Anda bisa menemukan item "Download Kartolo CS". Silakan Anda mendownloadnya selagi gratis. Koleksi cerita akan selalu kami tambah.

Setelah berhasil mengunduh, siapkan MP3 Player headset dan bersiaplah untuk tertawa. Cerita -cerita ini layak Anda putar di saat istirahat kerja yang melelahkan. Rilekskan pikiran Anda dengan guyonan segar Kartolo CS. Dijamin teman-teman Anda menggangap Anda telah "sinting" karena tertawa sendirian. Selamat menikmati...

This entry was posted on 5/13/2008 05:35:00 AM and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

2 komentar

Anonim  

emang maestro ludruk dunia nih cak Kartolo,..
thumbs Up !

Mampir di blog ini http://kartolo-mp3.blogspot.com. Lengkap bisa "di-play" langsung, ada review crita, dan bisa didownload, tiap minggu diupdate. http://kartolo-mp3.blogspot.com "Blog yang memanjakan penggemar Kartolo Cs"

MP3 Playlist